Menu

Penyebab Bau Kaki dan Cara Mencegah yang Tepat

0 Comments


Setiap hari tentu Anda yang pergi bekerja, ke kampus, ke sekolah, atau pun aktivitas lainnya menggunakan alas kaki, seperti sandal atau sepatu. Pastinya dengan memakai alas kaki yang tepat, penampilan Anda akan terlihat semakin sempurna. Hanya saja, penampilan sempurna bisa terganggu jika bau kaki yang tidak sedap muncul.

Sudah tampil sempurna tapi ternyata ada bau di kaki yang tidak enak, tentu membuat orang lain akan menjadi tidak nyaman berada di dekat Anda. Anda pun juga tidak bisa tampil percaya diri dan justru hanya mengurusi kaki Anda yang sedang bau tidak enak. Untuk mengatasinya, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu seluk beluk kaki yang berbau tidak sedap.

Penyebab Bau Kaki

Bau kaki atau dalam istilah kedokteran dikenal sebagai bromodosis, tidak hanya sekedar langsung tiba-tiba muncul saja. Terdapat berbagai macam penyebab yang menyebabkan kaki menjadi bau tidak enak. Ketika kaki Anda mengeluarkan keringat yang terlalu berlebihan, tentu kaki Anda akan menjadi semakin lembab, khususnya Anda yang menggunakan sepatu. Karena terlalu lembab tersebut, kaki akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Namun, masih terdapat penyebab lainnya yaitu sebagai berikut.

  1. Perubahan hormon
  2. Hiperhidrosis
  3. Adanya infeksi jamur
  4. Stress terlalu berlebihan

Cara Alami Mengatasi Bau Kaki dengan Bahan Alami

Kaki yang berkeringat tentu akan memudahkan bakteri berkembang biak sehingga menimbulkan aroma yang tidak sedap pada kaki Anda. Untuk mengatasinya, terdapat beberapa cara alami yang ampuh mengatasi aroma kaki yang tidak sedap. Berikut beberapa di antaranya.

  • Masker kopi

Kopi menjadi salah satu bahan alami yang semakin banyak digunakan untuk produk-produk kecantikan, baik itu untuk sabun muka, parfum, serta masker. Kopi yang mengandung kadein sangat ampuh menyerap senyawa sulfur yang memicu bau tidak sedap, termasuk bagian kaki. Karena itulah, ada baiknya Anda menggunakan masker kopi untuk mengurangi bau tidak enak pada kaki Anda.

Caranya mudah, yaitu larutkan saja bubuk kopi secukupnya dengan menambahkannya air panas dan aduk sampai teksturnya seperti pasta kental. Setelah itu, oleskan pasta tersebut ke seluruh kaki Anda dan tunggu sampai benar-benar mengering. Kalau sudah terasa mengering, cuci sampai bersih.

  • Rendam kaki di air garam

Garam memiliki senyawa mineral yang ampuh menyerap kadar kelembaban kaki. Maka dari itulah, untuk mengurangi bau kaki, rutinlah merendam kaki Anda di ari garam agar kelembaban pada kaki dapat berkurang.

Cukup melarutkan 5 garam dapur, tapi bukan garam yang teksturnya halus, ya ke dalam baskom air hangat. Aduk sampai garamnya larut merata dan rendam kaki Anda selama beberapa menit. Selain mengurangi aroma kaki yang tidak sedap, merendam kaki dalam air garam juga akan merilekskan otot kaki. Sangat cocok Anda lakukan setelah seharian bekerja.

  • Berendam air teh

Selain air garam, merendamkan kaki ke dalam air teh juga dapat mengurangi aroma tidak sedap pada kaki. Kandungan tanin dan flavonoid-nya memiliki antibakteri yang berkhasiat mengurangi kuman dan bakteri yang menjadi penyebab kaki menjadi bau.

Caranya juga sangat mudah. Anda hanya melarutkan daun tehnya saja ke dalam baskom yang berisi air panas. Tunggu saja terlebih dahulu sampai airnya sudah cukup hangat untuk dimasukan kaki. Rendam kaki Anda selama beberapa menit dan lakukan secara rutin agar khasiatnya cepat Anda rasakan.

Anda sudah lebih paham, bukan seluk beluk bau kaki yang tidak enak? Sebenarnya masih ada banyak cara yang dapat Anda lakukan, tapi tetap saja Anda juga perlu merawat kebersihan kaki dan juga alas kaki yang Anda gunakan. Rajin-rajinlah cuci sepatu Anda agar kuman atau bakteri yang menempel di bagian dalamnya bisa bersih. Dengan begitu, kaki Anda tidak akan mudah bau lagi.

shares