Menu

Lakukan 6 Hal Ini Setelah Ciri Fisik Pembuahan Berhasil Terlihat

0 Comments


Sangat penting untuk mengetahui kehamilan sedini mungkin, agar Anda bisa segera menyiapkan fisik dan psikis dalam menjalani kehamilan nantinya. Terlambat mengetahui kehamilan, kadang membuat Anda abai dengan kesehatan, sehingga mengancam keselamatan janin. Oleh karena itu, jika ciri fisik pembuahan berhasil terlihat, segera lakukan 6 hal ini.

  • Segera Konfirmasi Kehamilan Anda

Jika menyadari ada perubahan pada fisik Anda setelah melakukan pembuahan, segera lakukan tes kehamilan. Anda bisa mengonfirmasi adanya janin dengan test pack, serta langsung memeriksakan diri ke dokter kandungan. Dokter akan memastikan apakah Anda memang sedang hamil, serta menginformasikan bagaimana kondisi janin dan tubuh Anda saat ini.

  • Lengkapi Nutrisi Hamil dengan Mengonsumsi Vitamin

Saat hamil, Anda membutuhkan nutrisi seperti folat, kalsium, dan zat besi yang banyak, untuk pertumbuhan janin dan kesehatan Anda sendiri. Makanya, dokter meresepkan Anda beberapa vitamin untuk dikonsumsi secara rutin. Apalagi mengingat kalau saat mengandung, terutama pada masa awal kehamilan, nafsu makan Anda bisa menurun dengan drastis.

  • Jalani Olahraga Ringan

Jika Anda termasuk wanita yang malas berolahraga, sebaiknya Anda mengubah kebiasaan ini saat hamil. Bergerak aktif mendatangkan manfaat bagi Anda saat hamil dan melahirkan nanti. Tidur Anda jadi lebih berkualitas dan rasa sakit serta nyeri bisa berkurang. Konsultasikan dulu dengan dokter atau bidan Anda, terkait jenis aktivitas ringan apa yang bisa dilakukan saat hamil.

  • Jauhi Rokok dan Alkohol

Saat ciri fisik pembuahan berhasil terlihat dan Anda dinyatakan hamil, jangan lagi pernah mendekati rokok dan alkohol. Penggunaan dua hal ini akan memicu terjadinya komplikasi pada kehamilan Anda. Akibatnya, bayi berisiko terlahir prematur dan cacat. Jika kebetulan pasangan Anda yang merokok, minta dia untuk menjauh agar Anda tak terpapar asap rokoknya.

  • Perbanyak Konsumsi Air Putih

Perbanyaklah konsumsi air putih saat Anda tengah berbadan dua. Kebiasaan baik ini akan menghindarkan Anda dari risiko dehidrasi dan kelelahan, karena air yang diminum pun akan diserap oleh janin. Selain itu, asupan air putih yang cukup juga akan menghindarkan Anda dari gangguan pencernaan, seperti sembelit dan konstipasi saat hamil.

  • Makan Makanan yang Bergizi

Saat hamil, Anda harus tahu mana makanan yang sebaiknya Anda konsumsi dan yang harus Anda jauhi. Banyak makan tanpa memperhatikan nilai gizi dalam makanannya, tentu tak akan membantu pertumbuhan janin Anda. Banyak mengonsumsi buah, sayuran, dan serelia utuh atau whole grain selama masa kehamilan, memberikan efek positif bagi Anda dan janin.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan, setelah ciri fisik pembuahan berhasil terlihat dan Anda memang dipastikan hamil. Pola hidup sehat terutama sekali akan menjaga kesehatan Anda, mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan. Gali lebih banyak informasi lagi terkait kebiasaan positif saat hamil, dengan mengunjungi magazine orami.co.id.

shares